Pusat Peribadatan Puja Mandala di Bali

Diposting oleh Achmad Anshori on 21 Desember, 2014

Achmad Anshori's Trip - Pusat Peribadatan Puja Mandala di Bali - Puja Mandala adalah sebuah kompleks tempat bangunan peribadatan indah di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali. Bedanya adalah tidak memerlukan usaha berat untuk mengunjungi Puja Mandala, namun karena itu pemandangan Bukit Kasih menjadi lebih indah ketimbang Puja Mandala. Bangunan Masjid Agung Ibnu Batutah ada pada bagian paling kiri, beratap tumpang susun khas bangunan masjid di Jawa.

Pusat Peribadatan Puja Mandala di Bali

Bangunan Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa di Puja Mandala, tepat di sebelah Masjid Agung Ibnu Batutah, dengan menara tunggal, dinding depan gevel mengikuti bentuk atap dan bagian belakang atap tumpang. Bangunan Wihara Budina Guna Puja Mandala dengan ornamen cantik berwarna putih dan keemasan. Lingkaran sekeliling relief Buddha itu berjumlah delapan, tampaknya melambangkan ajaran Buddha bahwa agar terlepas dari penderitaan maka manusia harus melalui Jalan Utama Berunsur Delapan Sradha atau iman, yaitu Percaya yang benar (Samma ditthi); Maksud yang benar (Samma Sankappa); Kata-kata yang benar (Samma vaca); Perbuatan yang benar (Samma kammanta); Hidup yang benar (Samma ajiva); Usaha yang benar (Samma vayama); Ingatan yang benar (Samma sati); serta Semedi yang benar (Samma samadhi).

Pusat Peribadatan Puja Mandala di Bali

Di ajaran Islam dirangkum dalam Q.S. Al-Maidah ayat 2 dan Al-Hadits, "Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan dan permusuhan" (Q.S. Al-Maidah:2); "Tidaklah Aku mengutusmu (Muhammad) kecuali untuk menjadi Rahmat bagi seluruh alam" (Al-Hadits). Di sebelahnya terdapat bangunan Gereja Kristen Protestan Bukit Doa dengan sentuhan ornamen lokal cukup kental. Di ujung paling kanan terdapat Bangunan Kori Agung Pura Jagat Nata Nusa Dua dengan sebuah tengara nama berhias ornamen Kala.

Pusat Peribadatan Puja Mandala di Bali

Saat itu seorang pria tengah bersemedi dan berdoa di kaki bangunan utama Pura berbentuk candi terbuat dari batuan putih, dengan sepasang naga kiri kanan undakan, sepasang lagi di bagian atas, dan beberapa buah arca menghias bangunan candi. Puja Mandala menjadi simbol pentingnya kedekatan antarumat beragama, setidaknya secara fisik agar hidup berdampingan tanpa saling mengganggu. Tempat Ibadah Puja Mandala Nusa Dua Bali yang berlokasi di dekat kawasan BTDC Nusa Dua mempunyai keunikan tersendiri.

Pusat Peribadatan Puja Mandala di Bali

Pada saat hari besar agama dari masing-masing kepercayaan yang berhubungan dengan masing-masing tempat ibadah Puja Mandala Nusa Dua Bali sangat ramai dikunjungi. Jarak tempuh dari BTDC Nusa Dua menuju Puja Mandala hanya sekitar 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Pusat Peribadatan Puja Mandala di Bali

Tempat Ibadah di Puja Mandala Nusa Dua Bali

  • Masjid Agung Ibnu Batutah
  • Pura Jagat Nata Nusa Dua
  • Gereja Katolik Paroki Maria Bunda Segala Bangsa
  • Wihara Budha
  • Gereja Protestan

{ 1 komentar... read them below or add one }

Satriyo76 mengatakan...

Eksotik juga bangunanya sob..terus posting tentang sejarah ya gan..udah jarang yg posting yang ginian..

Posting Komentar